Sabtu, 18 Oktober 2014

PUBLISHING DAN HOSTING WEB

                             
 Assalamualaikum wr.wb.. berjumpa lagi dengan saya dalam share ilmu web site
  Kali in saya akan mendeskripsikan tentang Publishhing dan Hosting Web.
     Ketika anda membangun suatu situs Web, file-file untuk situs web tersebut harus diletakkan di system computer yang terhubung dengan jaringan internet (computer server). Komputer tempat data Anda disimpan inilah yang disebut HOST. Sedangkan agar orang-orang dapat lebih mudah melihat situs anda , maka diperlukan DOMAIN atau nama web. Terdapat 3 macam hosting yaitu hosting gratis (free hosting), hosting berbayar (paid hosting) , dan anda juga dapat menempatkan website anda dalam host yang anda miliki sendiri.
      Menempatkan website pada computer server pribadi tentu saja akan lebih mahal bila anda hanya ingin membangun suatu website kecil-kecil atau web pribadi. Penggunaan server sendiri memerlukan sebuah server lengkap dengan infrastruktur agar web bisa berjalan dengan baik dan tidak sering down , yang umumnya timbul karena masalah koneksi internet yang tak stabil dan suplai listrik sampai ke masalah kemungkinan kerusakan hardware. Infrastruktur yang baik bias di dapatkan di beberapa data center yang cukup besar sebagai tempat server collocation. Server collocation ini sendiri biasa disebut sebagai tempat penitipan server. Di tempat ini pula umumnya telah disediakan infrastruktur seperti jaringan internet  yang cepat (sampai dengan kecepatan mbps). Jaringan listrik yang stabil dan cadangan listrik dengan UPS dan generator, kondisi tempat yang lebih baik(suhu,kebersihan ruangan, keamanan). Akan tetapi kelebihan untuk sebuah collocation server harus di tebus dengan harga yang cukup mahal, bahkan sampai jutaan rupiah/bulan/server (keren kaannn ???hehehe).
Karena mahalnya biaya yang dikeluarkan, maka alternative ini umumnya hanya digunakan bila mau melakukan host untuk web-web yang besar. Alternatif kedua adalah hosting berbayar(paid hosting). Paid hosting artinya anda menitipkan data untuk di host oleh perusahaan hosting dengan fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak perusahaan, misalnya :jaringan internet dan listrik serta computer servernya. Anda tidak perlu terlalu dipusingkan dangan masalah teknis seperti hardware, Karena semua itu sudah menjadi tanggung jawab perusahaan web hosting. Sekarang ini jumlah paid hosting di Indonesia sudah cukup banyak dan harganya relatif murah. Pilih jenis pake shared hosting dimana dalam satu computer server, terdapat banyak situs web yang di host. Hal ini tentu akan lebih murah bila anda menyewa satu komputer server untuk diri anda sendiri. Biaya untuk shared paid hosting tergantung dari besar/jumlah bandwidth untuk transfer data yang disediakan.
Kelebihan dari paid hosting adalah anda akan lebih mudah mengatur isi situs web anda serta mengkonfigurasikan situs anda. Walaupun keleluasaan ini masih di batasi oleh penyelenggara hosting. Umumnya aturan ini berhubungan dengan banyaknya situs web yang diatur dalam satu server, dimana ketika anda berbagi ruangan yang lainnya. Maka banyak hal yang harus dibatasi agar tidak terjadi konflik. Perlu diketahui bahwa tidak semua shared hosting aman untuk digunakan. Shared hosting menggunakan beberapa aturan atau konfigurasi server yang berlaku pada setiap user  yang ada, sehingga bila sebagian user yang melakukan host di tempat tersebut puas , belum tentu sebagian lainnya juga menikmati aturan server tersebut. Kekurangan hosting yang di shared juga dalam soal security dimana bias terkadang bila terdapat satu situs dalam server tersebut terkena crack(hack). Maka situs lain yang di host dalam server yang sama juga akan mengalami hal serupa yaitu terkena serangan. Sama prinsipnya ketika seorang penjahat berhasil membobol pintu depan rumah , otomatis penjahat tersebut akan bias melihat isi dari rumah tersebut.
Solusi terakhir adalah free hosting. Free hosting tidak mengharuskan anda untuk membayar dengan apapun tapi dengan persyaratan imbal balik pemilik host server. Contohnya saja tripod atau geocities yang akan secara otomatis menampilkan iklan di situs anda. Selain itu domain yang anda gunakan juga tidak bebas sehingga harus menggunakan nama domain perusahaan tersebut . beberapa situs hosting khusus seperti (blogspot & wordpress)situs ini membatasi dalam jenis file yang dapat di upload karena memang di khususkan sebagai blogyang sebenarnya tidak terlaluperlu menggunakan banyak script…


Sekian sekilas info dari blog saya . selamat berkunjung kembali . (keep blogging…!!!)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar